Selasa, 12 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis (Soft Skill)

Assalamu ‘alaikum wr.wb
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang masih memberikan rahmat dah hidayah-Nya serta serta nikmat-Nya yang tak terhingga sehingga saya bisa menyelesaikan tugas yang berupa artikel guna memenuhi persyaratan nilai tugas mata kuliah Pengantar Bisnis. Semoga artikel yang saya buat berguna bagi pembaca dan bisa diterima .

MANAJEMEN UMUM
Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengendalikan, mengatur, menjalankan, mengemudi, memimpin, dan membina. Manajemen sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi untuk menjelaskan gejala/ kejadian apa saja yang ada di sekitar. Unsur keilmuan merupakan kumpulan pengetahuan-pengetahuan tertentu, dan unsure dari seni nya adalah pemakaian pengetahuan tersebut pada satu situasi tertentu. Jadi bisa diambil kesimpulan, manajemen adalah kegiatan-kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sebuah perusahaan/ badan usaha untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Untuk dapat mencapai tujuan, maka diperlukan sarana atau alat manajemen yaitu sebagai berikut :
1. Man (Manusia)
2. Money (Uang)
3. Materials (Bahan-Bahan)
4. Machines (Mesin)
5. Methods (Cara)
6. Markets (Pasar)
Dalam usaha mencapai tujuan, perusahaan melakukan berbagai macam kegiatan/proses mengenai perusahaan. Tujuan nya adalah untuk mendapaykan laba yang maksimum. Agar tujuan itu dapat terlaksana secara efisien dan efektif, kegiatan yang ada di perusahaan perlu diatur secara baik dan benar. Pengaturan proses perusahaan dalam pengertian keseluruhan, dikenal sebagai usaha atau fungsi manajemen.
1. Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan. Pada dasarnya perencanaan merupakan proses pengambilan keputusan, yang merupakan dasar kegiatan/tindakan ekonomis dan efektif pada waktu yang akan datang.
2. Pengarahan (Directing)
Pengarahan merupakan fungsi manajemen yang berkaitan dengan usaha memberi bimbingan, arahan, dan saran saran kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas masing-masing. Dimaksudkan agar tugas itu dapat terlaksana dengan baik dan benar sesuai dengan tujan bersama. Oleh karena itu, seorang pemimpin diharuskan bisa berkomunikasi, memberikan saran, berpikir secara tanggap dan kreatif serta memberikan stimulasi kepada karyawannya. Dengan demikian, kegiatan pengarahan banyak menyangkut masalah pemberian motivasi kepada para anggota organisasi(bawahan).
3. Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan, dan pengembangan struktur organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
4. Pengkoordinasian (Coordinating)
Dalam organisasi, sering terjadi beda pendapat antar anggota, padahal suatu organisasi disusun untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini dapat menimbulkan perbedaan pendapat yang akhirnya dapat menimbulkan keegoisan antar anggota. Oleh karena itu, berbagai macam pendapat perlu disatukan agar tercipta suasana harmonis antar anggota dalam suatu tindakan koordinasi, yang akan menuju ke tujuan bersama.
Dalam pelaksanaan fungsi koordinasi, pimpinan harus mengusahakan hal-hal sebagai berikut :
a. Lingkungan organisasi turut mendukung tugas tersebut,
b. Penerapan prinsip-prinsip koordinasi pada setiap anggota organisasi.

5. Pengendalian atau Pengawasan (Controlling)

Fungsi terakhir dari manajemen yang harus dilaksanakan oleh pimpinan perusahaan adalah fungsi pengendalian atau pengawasan. Pengendalian merupakan kegiatan untuk menemukan dan mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan.
Fungsi pengendalian pada umumnya meliputi :
a. Menbuat standar perencanaan
b. Menyusun jadwal kerja (work schedule)
c. Mengawasi pelaksanaan kerja
d. Melakukan tindakan perbaikan

6. Pengevaluasian (Evaluating)

Pengevaluasian adalah proses pengawasan dan pengendalian performa perusahaan untuk memastikan bahwa jalannya perusahaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Seorang pemipin dituntut untuk menemukan masalah yang ada dalam operasional perusahaan, kemudian memecahkan nya sebelum masalah itu menjadi meluas.



Kesimpulan :
Manajemen merupakan salah satu ilmu ekonomi yang apabila tidak digunakan di dalam kehidupan sehari hari, maka kita akan mendapat kesulitan dalam merencanakan dan menyusun sesuatu.


Sumber : Buku tuntunan 2009/2010 , pengantar teori makroekonomi , Akuntansi intermediate jilid 2 , akuntansi di Indonesia buku 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar